Home | Materi Pelajaran | Jadwal Pelajaran | Guru & staf
 
Mardi Wibowo, S.S.  BahasaIndonesia
Kompetensi Dasar:
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
Tanggal Dibuat: 30:05:2009    Kelas: XI     Semester: 2
Take Quiz Untuk mengukur sejauh mana memahami materi ini.

Teks Nonsastra

Teks nonsastra adalah karangan ilmiah dan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Hal ini berbeda dengan teks sastra yang bertujuan memberikan hiburan atau kepuasan batin. Teks nonsastra mengutamakan kelogisan dalam pengungkapannya. Contoh teks nonsastra, antara lain artikel dan karya ilmiah.

Teknik Membaca Cepat

Membaca cepat atau skimming merupakan gaya membaca yang bertujuan memperoleh gambaran umum tentang sebuah tulisan. Gambaran tersebut dapat berupa intisari teks (ikhtisar), gaya bahasa teks, atau tujuan penulisan. To skim dapat diartikan ’terbang sekilas, menyapu halaman buku’. Saat membaca, kita tidak perlu bertumpu pada satu kata. Tidak perlu setiap kata yang tercetak kalian pahami. Yang paling penting adalah memahami ’konteks’ dari teks tersebut.

 

Rumus membaca cepat :    jumlah kata yang dibaca  x 60 = X kpm

jumlah  waktu membaca (dalam detik)

kpm = kata per menit

Ide Pokok Paragraf

Ide pokok paragraf adalah ide atau gagasan yang menjiwai suatu paragraf. Setiap paragraf harus memiliki satu ide pokok. Istilah lain dari ide pokok paragraf adalah gagasan utama. Dalam paragraf, ide pokok terdapat dalam kalimat utama yang biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf.

 

Ikhtisar/ Ringkasan

Ikhtisar adalah bentuk ringkas dari sebuah teks. Ikhtisar berisi tentang informasi-informasi penting dari sebuah teks. Pembuatan ikhtisar dapat dilakukan dengan cara menggabungkan ide pokok dari setiap paragraf menjadi sebuah rangkaian kalimat.

Ikhtisar merupakan bentuk penyingkatan suatu bacaan dengan memperhatikan unsur-unsur pokok yang membangun bacaan tersebut. Teknik membuat ikhtisar yang baik adalah dengan cara mengetahui terlebih dahulu pikiran-pikiran utama dalam suatu bacaan tersebut untuk kemudian kita rangkai  ke dalam bentuk paragraf yang padu. Jadi, ketajaman dan kecermatan menemukan ide pokok merupakan syarat utama untuk menghasilkan ikhtisar yang baik dan berbobot.



Take Quiz Untuk mengukur sejauh mana memahami materi ini.
 
 
© 2005 SMA PGII 1 Bandung
Jl. Panatayuda No. 2 Bandung Jawa Barat
Developed by Comlabs YP PGII