Home | Materi Pelajaran | Jadwal Pelajaran | Guru & staf
  Home
Layanan Untuk Alumni:
website alumni SMA PGII 1 Bandung
Website khusus alumni
SMA PGII 1 Bandung
Layanan Untuk Siswa:
Digital Library SMA PGII 1
Perpustakaan Digital SMA PGII 1 Bandung
Layanan bimbingan dan konseling online.
Forum Diskusi
Wahana mencurahkan ide atau gagasan kamu.
ujian online
untuk melakukan tes/ ulangan harian online
Materi Online
Akses materi pelajaran online
Jadwal Pelajaran
Untuk melihat Jadwal pelajaran seluruh kelas
Kalender Akademik
Kalender akademik
SMA PGII 1 Bandung
 
TODAY: Selasa, 29 Nopember 2022
 
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA PGII 1 BANDUNG
04 Feb 2021  16:42:46 PM  Ditulis Oleh: admin

PPKS

Penilaian kinerja kepala sekolah dimaksudkan untuk menilai sejauhmana seorang kepala sekolah mengejawantahkan kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari. Penilaian kinerja kepala sekolah difokuskan pada unsur-unsur kinerja yang terkait langsung dengan dimensi-dimensi kompetensi yang dipersyaratkan tersebut. Unsur-unsur penilaian ini hendaknya merupakan satu kesatuan yang masing-masing memiliki bobot yang relatif sama dalam penentuan hasil akhir penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah. Pada kenyataannya, setiap dimensi kompetensi kepala sekolah sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 memiliki keluasan cakupan yang berbeda.

Akibatnya penggunaan langsung dimensi-dimensi itu sebagai aspek penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dapat berdampak pada kekurangsahihan hasil penilaian. Oleh karena itu, perlu dirumuskan kembali aspek-aspek penilaian yang memiliki bobot dan ruang lingkup yang relatif sama, namun tetap dalam kerangka lima dimensi kompetensi.

Perumusan aspek-aspek ini dilakukan dengan cara mengelompokkan kompentensi yang serumpun ke dalam aspek yang sama. Berdasarkan karakteristik masing-masing, kompetensi-kompetensi itu dikelompokkan kedalam 6 aspek penilaian sebagai berikut.

Aspek

a. Kepribadian dan Sosial

b. Kepemimpinan Pembelajaran

c. Pengembangan Sekolah/Madrasah

d. Manajemen Sumber Daya

e. Kewirausahaan

f. Supervisi Pembelajaran


Kriteria untuk masing-masing aspek diuraikan sebagai berikut:

a. Kepribadian dan Sosial

(1) Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah. (2) Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas. (3) Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah. (4) Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah. (5) Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. (6) Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. (7) Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.

b. Kepemimpinan Pembelajaran

(1) Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah. (2) Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi. (3) Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization). (4) Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. (5) Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran. (6) Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif. (7) Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah (8) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. (9) Mengembangkan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. (10) Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.

c. Pengembangan Sekolah/ Madrasah

(1) Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah. (2) Mengembangkan struktur organisasi sekolah/madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan. (3) Melaksanakan pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah. (4) Berhasil mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standar nasional pendidikan. (5) Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat. (6) Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan. (7) Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.

d. Manajemen Sumber Daya

(1) Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal. (2) Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana. sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran. (3) Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. (4) Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan. (5) Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah. (6) Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. (7) Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. (8) Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.

e. Kewirausahaan

(1) Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/madrasah. (2) Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran. (3) Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. (4) Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah. (5) Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah.

f. Supervisi Pembelajaran

(1) Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. (2) Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. (3) Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.


Info Lainnya:
06 Nov 2021
14:20:40 PM

25 Jan 2021
16:00:56 PM

6 Januari 2021
06:00:00 AM

03 May 2020
07:41:14 AM

17 Feb 2020
13:22:07 PM

02 Dec 2019
12:37:43 PM

09 Sep 2019
10:38:02 AM

05 Sep 2019
08:59:19 AM

14 Mar 2019
15:44:18 PM

04 Mar 2019
08:48:53 AM

04 Mar 2019
08:47:48 AM

27 Feb 2015
09:54:26 AM

27 Feb 2015
09:51:19 AM

26 Feb 2015
10:31:15 AM

10 Nov 2014
09:48:27 AM

29 Apr 2014
12:51:01 PM

22 Apr 2014
07:27:20 AM

1 Okt 2010
10:09:08

21 Apr 2010
13:14:06 PM

03 Feb 2010
12:04:37 PM

03 Feb 2010
11:59:57 AM

03 Feb 2010
11:56:10 AM

23 Jan 2010
09:24:21 AM

23 Jan 2010
09:14:23 AM

23 Jan 2010
09:09:37 AM

30 Nov 2009
12:16:07 PM

27 Oct 2009
13:00:32 PM

26 Oct 2009
12:30:50 PM

21 Oct 2009
16:56:39 PM

21 Aug 2009
11:18:00 AM

20 Apr 2009
09:53:33 AM

20 Apr 2009
09:50:19 AM

20 Apr 2009
09:44:52 AM

24 Mar 2009
17:31:02 PM

24 Mar 2009
17:23:50 PM

24 Mar 2009
17:14:57 PM

24 Mar 2009
14:40:45 PM

30 Dec 2008
10:03:28 AM

30 Dec 2008
09:58:31 AM

10 Dec 2008
09:51:25 AM

10 Dec 2008
09:46:30 AM

02 Feb 2008
09:35:03 AM

02 Feb 2008
08:31:07 AM

01 Feb 2008
14:35:29 PM

01 Feb 2008
08:27:46 AM

01 Feb 2008
08:23:07 AM

31 Jan 2008
14:43:36 PM

13 Jan 2008
10:54:10 AM

22 Dec 2007
20:15:44 PM

12 Nov 2007
07:51:09 AM

15 Oct 2007
07:40:32 AM

03 Sep 2007
20:51:59 PM

20 Jun 2007
20:37:21 PM

10 Mar 2007
20:49:23 PM

01 Jan 2006
06:48:25 AM

 
© 2019 SMA PGII 1 Bandung
Jl. Panatayuda No. 2 Bandung Jawa Barat
Developed by Comlabs YP PGII